Kasus COVID-19 di Sumatera Utara mengalami peningkatan drastis pada Selasa dengan adanya penambahan 117 pasien positif terpapar virus corona di wilayah tersebut dalam waktu sehari.
 
"Hari ini terjadi peningkatan sangat tajam untuk pasien positif COVID-19 sebanyak 117 orang, sehingga total 1.232 orang" kata juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan.
 
Whiko menyebutkan, adapun sebaran penambahan pasien positif COVID-19 yakni 68 orang dari Kota Medan, 20 dari Deli Serdang, dua dari Simalungun, satu dari Pematangsiantar, satu dari Binjai, tiga dari Asahan.

Baca juga: Lima pegawai positif COVID-19,Puskesmas Medan Area Selatan ditutup

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, Dinkes Medan alihkan layanan posyandu dan posbindu ke puskesmas
 
Kemudian, satu orang dari Tanjung Balai, satu dari Karo, satu dari Padangsidempuan, satu dari Samosir, satu dari Labuhan Batu Selatan dan 17 dari luar Sumut.
 
"Peningkatan kasus positif COVID-19 ini menunjukkan hasil dari peningkatan swab yang dilakukan secara masif di Sumut. Disamping itu, peningkatan penderita COVID-19 positif ini membuktikan bahwa masih terjadi penularan dilingkungan kita," ujarnya.
 
Peningkatan juga terjadi terhadap jumlah pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh. Total hingga saat berjumlah 265 orang dari sebelumnya berjumlah 262 orang.
 
"Untuk pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia masih sama dari hari sebelumnya yakni 77 orang," katanya. 
 
Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumut juga mengalami peningkatan dari hari sebelumnya 202 orang menjadi 204 orang. 
 
"Sementara, untuk orang dalam pemantauan (ODP) menurun dari hari sebelumnya 872 orang menjadi 871 orang," ujarnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020