Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi Jonner MH Samosir merealisasikan program "Huta Na Gogo" atau kampung tangguh demi upaya mempromosikan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai daerah tangguh dalam segala aspek, baik dalam bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, khususnya ketahanan pangan.

Konsep membangun Huta Na Gogo diyakininya sebagai formula dasar dalam membangkitkan potensi tertidur di wilayah Taput, khususnya di daerah wisata Muara yang saat ini sedang galak-galaknya dibenahi oleh pemerintah pusat seperti pembenahan infrastuktur wisata Danau Toba oleh Presiden Joko Widodo. 

"Muara diharapkan menjadi barometer Huta Na Gogo atau kampung tangguh di seluruh kecamatan di Taput," kata Jonner di Muara, Sabtu (20/6).

Baca juga: Kawasan wisata Salib Kasih Taput dibuka, Ini aturan dan batasan bagi pengunjung

Gebrakan mewujudkan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai kampung yang tangguh dengan pola pendekatan kepada masyarakat petani adalah inisiasi awal dalam mendorong penguatan ketahanan pangan di Kecamatan Muara.

Disebutkan, inspirasi untuk memadukan istilah dalam kearifan lokal masyarakat Batak diharapkan kelak mewujudkan Taput  yang kuat dalam segala aspek, baik ekonomi, kesehatan, pendidikan dan khususnya ketahanan pangan. 

"Apalagi berkaitan dengan pandemi COVID-19, Taput sebagai zona kuning siap melaksanakan tatanan hidup baru serta tidak terjebak karena situasi ini," katanya. 

Pada kesempatan itu, bantuan ribuan bibit pohon durian, mangga, dan alpukat, serta bibit bawang merah, pupuk organik, juga pakan ternak organik pun diserahkan kepada warga.

Jonner menyebutkan alasan memilih Kecamatan Muara sebagai awal penerapan Huta Na Gogo adalah karena daerah tersebut merupakan satu-satunya kecamatan di Taput yang memiliki wilayah perairan Danau Toba. 

"Apalagi, Muara merupakan satu-satunya kecamatan di Taput dengan perairan danau. Sehingga Taput bisa semakin mendunia dengan Danau Toba di dalamnya," terangnya.

AKBP Jonner melakukan kunjungan pertama ke Desa Bariba Ni Aek Muara dengan melakukan penanaman padi bersama warga sekaligus melakukan pembagian pupuk, mengunjungi petani bawang, serta turut melakukan kegiatan panen, dan penanaman bawang merah.

Selain itu, Kapolres didampingi Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat bersama OPD Taput juga menebar 15 ribu bibit ikan mas dari atas kapal "speed boat" bersama PJU Polres Taput di tengah Danau Toba.

Bantuan sembako dari Kapolri Idham Azis untuk 12 Kepala Keluarga kurang mampu di Muara juga diserahkan di tengah kegiatan tersebut.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020