Menyongsong aktivitas produktif masyarakat ditengah wabah COVID-19, mahasiswa Polbangtan Medan terus giat mendampingi petani  di Kabupaten Karo.

Nur Atika Shifa, mahasiswa semester 2 Polbangtan Medan ini misalnya melakukan pendampingan penanaman benih kentang lahan petani di Desa Kandibata tanah Karo.  

Menurut Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini, di Medan, Jumat (5/6), kegiatan yang dilakukan mahasiswanya itu guna membantu kebutuhan pangan masyarakat ditengah COVID-19.

Baca juga: Mengolah sawah di tengah pandemi COVID-19 bersama Polbangtan Medan

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Medan ini buktikan pertanian tidak berhenti ditengah COVID-19

"Soalnya Menteri Pertanaian Syahrul Tasin Limpo dan Kepala BPPSDM Pertanian Kementan Dedy Nursyamsi tidak bosan menekankan Polbangtan juga harus turut andil membantu petani sebagai garda terdepan dalam penanganan ketahan pangan masyarakat disaat COVID-19," jelas Yuliana.

Sementara, Nur Atika mahasiswa program studi Teknologi Tanaman Produksi Perkebunan ini bahwa, sebagai anakmuda intelektual setidaknya apa yang dia lakukan sudah membantu masyarakat petani dalam kebutuhan pangan masyarakat.

"Lebih dari itu kiranya semua anakmuda Indonesia dimanapun berada terinspirasi untuk bergerak bersama dalam gerakan produktif bercocok tanam meski hanya memanfaatkan lahan pekarangan rumah, minimal hasilnya untuk kebutuhan dapur rumahtangga," katanya.

Dalam mendampingi petani menyongsong fase adaptasi baru dalam menghadapi pandemi, Atika menyatakan, tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana imbauan dari pememerintah seperti jaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020