Liaison Officer (LO) BNPB Wilayah Sumut Mayjen (Purn) Darlan Harahap menyebutkan bahwa penangan COVID-19 di Kota Sibolga sudah terlaksana dengan baik. Hal itu disampaikan Darlan usai memantau langsung ke Kota Sibolga, Rabu (3/6/2020).

Kedatangan Darlan Harahap disambut oleh Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk yang juga Wali Kota Sibolga bersama dengan Muspida setempat.

“Tujuan kedatangan saya bersama dengan tim untuk melihat langsung sudah sejauh mana percepatan penanganan COVID-19 yang dilakukan Tim Gugus, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Kita mengharapkan Gugus Tugas Pusat dan daerah sejalan. Karena kalau tidak sejalan, tujuannya tidak akan tercapai. Kami lihat dari data Gugus Tugas Provinsi hasil perkembangan percepatan penanganan di Kota Sibolga kami nilai dapat tertangani dengan baik,” ujar Darlan.

Baca juga: Pemberlakuan normal baru di Sibolga tinggal menunggu petunjuk teknis

Ia juga meminta jelang masa normal baru perlu dipersiapkan dengan matang, karena ada 102 kabupaten dan kota yang akan melaksanakan masa normal baru.

“Memang prosesnya bukanlah mudah, apa lagi di tengah masyarakat yang kulturnya berbeda-beda. Akan tetapi dengan sinergisitas yang konsisten saya yakin dapat mengatasi kendala apapun itu," pungkasnya.

Baca juga: Bulog Sumut pasok 75 ton gula melalui Pelabuhan Sibolga

Sementara itu Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk selaku Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Sibolga dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkot Sibolga melalui Gugus Tugas sudah melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan SOP COVID-19 mulai awal Maret 2020.

Selain itu juga Gugus Tugas COVID-19 Kota Sibolga telah menyiapkan tempat isolasi di wisma atlet di Parombunan, pemotongan dan refocussing APBD hingga 50% untuk penanganan dampak sosial karena COVID-19. Bersama Forkopimda menyerahkan bantuan Sembako kepada 10 ribu Kepala Keluarga di luar penerima bantuan PKH, BPNT dan BLT. Bahkan tim juga telah melakukan rapat koordinasi untuk persiapan pelaksanaan masa normal baru.

Turut hadir menyambut kunjungan Liaison Officer (LO) BNPB Wilayah Sumut, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, Kejari Sibolga Henri Nainggolan, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, Danlanal Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, Wakapolres Sibolga Kompol Sutrisno, Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, para Staf Ahli, para Asisten, para Pimpinan OPD, beserta Camat dan Lurah se-Kota Sibolga.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020