Mahasiswa memiliki tanggung jawab besar untuk mensosialisasikan serta menanamkan nilai-nilai Pancasila ke masyarakat agar tetap lestari dan dipedomani dengan baik. 

Ketua Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara, M. Alwi Hasbi Silalahi di Medan, Senin, mengatakan, mahasiswa adalah kelompok masyarakat intelektual yang memiliki kemampuan dalam menanamkan nilai Pancasila ke masyarakat luas. 

Jadi mahasiswa punya tanggung jawab besar untuk mensosialisasikan, bukan lagi menerima sosialisasi.

"Saya sangat yakin bahwa mahasiswa telah mendapatkan pembekalan yang sangat cukup atas nilai Pancasila, baik itu dari organisasi yang ia geluti maupun dari mata kuliah wajib," katanya.

Alwi menjelaskan bahwa sosialisasi atau penanaman nilai Pancasila ke masyarakat luas oleh mahasiswa akan lebih efektif. 

Alasannya, pemikiran dan gerakan mahasiswa itu lebih kreatif dan mampu lebih beradaptasi kepada berbagai lapisan masyarakat.

Untuk itu ia meminta kepada lembaga negara yang memiliki tanggung jawab dalam penanaman nilai Pancasila harus melibatkan mahasiswa dalam menjalankan program-programnya. 

"Seperti BPIP dan DPD RI, ke depan harapannya lembaga tersebut banyak melibatkan mahasiswa di setiap agenda sosialisasi Pancasila," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020