Upaya Asian Agri bersama Tanoto Foundation untuk turut serta melindungi paramedis  yang merawat penderita Virus Corona berlanjut dengan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada RS Martha Friska yang menjadi rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Medan.  

Head Common Services Asian Agri, Hadi Susanto menyerahkan langsung bantuan APD berupa sarung tangan medis sebanyak 20.000 pasang, baju pelindung ICU sejumlah 105, masker medis 15.000, kacamata pelindung medis 58 pasang, dan baju pelindung medis sebanyak 2.450 kepada dr. Harmoko MKM dan dr. Anita Ratnasari, Tim Medis Penanganan COVID-19 RS Martha Friska – Multatuli, bertempat di rumah sakit khusus penanganan pasien COVID-19 yang  berlokasi di Jalan Multatuli No 1, Kota Medan, Sumatera Utara.   

Baca juga: Asian Agri dan Tanoto Foundation bantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Labusel
  
Hadi Susanto mengatakan, “Kami berharap para tenaga medis dapat melayani pasien COVID-19 dengan tetap mengenakan APD yang memadai sehingga terlindungi kesehatannya. Sebagai ujung tombak di berbagai wilayah, para tenaga kesehatan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik demi keselamatan orang banyak. Kami sangat menghargai perjuangan mereka bekerja siang dan malam tanpa lelah, dan terbatas bertemu dengan keluarga demi kemanusiaan.”  

Dokter Anita Ratnasari, Wakil Direktur RS Martha Friska dan dr Harmoko MKM, Tim Medis Penanganan COVID-19 RS Martha Friska, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan perusahaan. “Saat ini RS Martha Friska merupakan rumah sakit rujukan utama dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menangani pasien COVID-19. Alat pelindung diri memang sangat kami butuhkan, dan jumlah kebutuhan harian berfluktuatif tergantung jumlah pasien yang di tangani. Dalam sehari kebutuhan para medis di RS Martha Friska bisa mencapai 100 APD,” ujar dr. Harmoko.  

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Asahan terima bantuan APD dari Tanoto Foundation dan Asian Agri

Baca juga: Lindungi paramedis di tengah COVID-19, Asian Agri salurkan bantuan APD ke Rumah Sakit USU

Head Social Security & Licenses Asian Agri, Ariston Noverry Fau, yang hadir dalam penyerahan tersebut juga menyampaikan bahwa Asian Agri mendukung ketersediaan APD yang memadai bagi para tenaga kesehatan yang harus menangani langsung pasien di rumah sakit rujukan maupun non-rujukan.

“Pembagian APD, selain di kota Medan, juga dilaksanakan di daerah-daerah unit bisnis Asian Agri yang berada di Sumatera Utara. Adapun total APD yang kami salurkan di wilayah Sumatera Utara adalah 80.000 masker medis, 8.500 baju pelindung, 250 baju pelindung ICU, 85.000 sarung tangan dan 265 kacamata pelindung medis. Hal ini juga merupakan bagian dari  rangkaian pembagian donasi APD yang dilakukan oleh  Asia Agri dan Tanoto Foundation  di Sumatera Utara,” kata Ariston.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020