Di tengah upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19), Kantor Pusat Huria Kristen Indonesia (HKI) memberikan bantuan sembako untuk warga jemaat HKI kurang mampu yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19, di HKI Resort Sibolga.

Hadir di acara itu, Ephorus HKI Pdt Dr Manjalo Pahala Hutabarat, Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKI Rev Dr Batara Sihombing MTh, Kadep Litbang Pdt Adventus Nadapdap STh, Kadep Keuangan Pdt Dormen Pasaribu MTh, Praeses Daerah V Pdt Jhon Piter Napitupulu STh, Pdt D Silaban selaku pendeta HKI Resort Sibolga, para pendeta HKI Daerah V Tapteng-Tapsel, mewakili jemaat dan lainnya.

Ephorus HKI Pdt Dr Manjalo Pahala Hutabarat kepada wartawan mengatakan, pembagian sembako itu dilakukan bertujuan untuk meringankan penderitaan warga jemaat HKI khususnya yang terdampak secara ekonomi akibat virus corona.

Baca juga: Ini penjelasan Gugus Tugas terkait meninggalnya 1 orang PDP asal Sibolga

“Bantuan sembako ini diharapkan dapat meringankan sebagian beban warga jemaat kita yang terdampak COVID-19 dari sisi ekonomi,” katanya Minggu, seraya menambahkan aksi itu juga dilakukan sekaitan dengan hari ulang tahun HKI ke 93.
Selain kepada warga jemaat HKI, sambungnya, sembako itu juga disalurkan kepada warga jemaat gereja lainnya, termasuk juga kepada warga beragama lainnya yang berada di sekitaran komplek Kantor Pusat HKI di Pematang Siantar.

Baca juga: Selama pandemi COVID-19 Pemkot Sibolga beri keringan retribusi pasar

“Pembagian sembako itu sebagai bentuk empati HKI, sebab dengan diadakannya pembatasan-pembatasan, dicanangkannya social distancing maupun physical distancing, mengakibatkan pendapatan warga khususnya jemaat HKI jauh berkurang bahkan kesulitan dalam mendapatkan nafkah,” ungkapnya.

Dia mengatakan, upaya melawan wabah COVID-19 tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, melainkan diperlukan dukungan dari semua pihak termasuk gereja dalam pencegahan penyebaran virus secara terus menerus.

Baca juga: Sibolga siaga COVID-19, Wali kota lepas tim petugas perbatasan

“Hal ini menjadi perhatian HKI dengan membuka Posko HKI Peduli COVID-19, dan banyak jemaat HKI baik yang di Indonesia maupun di luar negeri serta para donatur yang berinisiatif untuk ikut berkontribusi dan menunjukkan kepeduliannya terhadap warga yang terdampak virus ini melalui HKI,” tuturnya.

Menurut Ephorus, untuk tahap awal sebanyak 850 paket bantuan sembako yang terdiri dari beras, gula, mie instan, minyak goreng, vitamin dan masker itu disalurkan untuk 4 daerah, yakni daerah III Tobasa, daerah IX Humbang Hasundutan, daerah II Silindung dan daerah V Tapanuli Tengah-Tapanuli Selatan. Untuk selanjutnya bantuan juga akan disalurkan ke daerah VI Sumatera Timur II yang meliputi Tebing Tinggi hingga Deliserdang dan Medan, daerah IV Dakota Sidikalang hingga Aceh, daerah X, daerah XI Asahan dan Labuhan Batu II.

Bahkan, katanya lagi, kantor pusat HKI juga meminta kepada seluruh gereja HKI di Indonesia untuk membuka Posko HKI Peduli COVID-19 guna membantu warga khususnya warga jemaat HKI di daerah masing-masing.

“Inilah salah satu cara kita untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Bahkan kita juga menyarankan kepada seluruh jemaat HKI untuk beribadah di rumah, dan acara kebaktian dibuat dari kantor pusat. Bahkan khotbah atau penyampaian Firman Tuhan juga kita lakukan secara live,” tandasnya. Khusus untuk Daerah V (Tapteng, Sibolga, Tapsel) sembako yang dibagikan sebanyak 300 paket.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020