"Deputy Social Capital" PT Toba Pulp Lestari Janres Silalahi mengatakan, dana operasional perusahaan telah digunakan dalam merealisasikan pemberian bantuan Alat Pelindung Diri bagi petugas medis sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam upaya memutus penyebaran virus COVID-19.

"Sepenuhnya ini akan menjadi biaya operasional perusahaan, tidak benar jika ini adalah bagian CSR (corporate social responsibility). Bantuan ini untuk mendukung Pemkab Taput dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19," terang Janres, seusai menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada Bupati Taput Nikson Nababan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Sabtu (2/5).

Baca juga: Konsultasi medis via daring solusi pelayanan medis RSUD Tarutung bagi dokter terisolasi

Pada kesempatan itu, "Head Social Capital" TPL Jusuf Wibosono bersama Janres, serta sejumlah manajemen TPL menyerahkan bantuan APD berupa masker sebanyak 14.000 lembar, sarung tangan karet 12.000 unit, pakaian pelindung 1.250 unit, pakaian pelindung khusus ICU 65 unit, dan kaca mata medis sejumlah 50 unit.

"Kalau soal besaran pembiayaan untuk bantuan ini, saya tidak ingat pasti. Akan tetapi, sepenuhnya menjadi biaya operasional perusahaan," ujarnya.

Baca juga: Kondisi kesehatan 48 petugas medis yang reaktif tes cepat COVID-19 stabil

Menurutnya, penyerahan APD tersebut sebagai bentuk dukungan dan apresiasi atas kerja keras Pemkab Taput yang dilakukan dalam memberantas virus COVID-19, dan dinilai akan memberikan motivasi dan perlindungan diri bagi tenaga medis dalam penanganan pandemi tersebut.

Bupati Taput Nikson Nababan didampingi Direktur RSUD Tarutung dr Janri Nababan, Kepala Dinas Kesehatan Alex Gultom yang menerima secara langsung bantuan tersebut mengapresiasi langkah PT TPL.

Baca juga: Pembangunan ruang isolasi COVID-19 berbiaya Rp2 miliar dikebut, rampung dalam 10 hari

"Bantuan ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk tenaga medis kita yang telah ikut berjuang memerangi Virus COVID-19 ini," sebutnya.

Dikatakan, bantuan tersebut akan langsung didistribusikan ke RSUD Tarutung, Puskesmas dan juga posko-posko penanganan.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020