Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrov Sumut) akan menyiapkan sebanyak 700 tenaga kesehatan untuk menangani kasus virus corona atau COVID-19. 
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah, Jumat, mengatakan bahwa ratusan tenaga kesehatan ini akan ditempatkan di 11 tempat yang menjadi rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumut.

Baca juga: Polisi Secanggang Langkat bubarkan pesta Kepala Desa Teluk

Baca juga: Virus corona dapat tewaskan 81.000 orang di AS : analisis
 
"Pemrov Sumut akan menyiapkan dokter dan tenaga kesehatan yang jumlahnya lebih 700 orang, yang nanti akan kita tempatkan di 11 tempat yang menjadi rumah sakit rujukan di Sumut dengan target kita 1.000 tempat tidur," katanya.
 
Ia menyebutkan, salah satu rumah sakit rujukan yakni RS GL Tobing PTPN II sudah siap untuk dilounching dengan kapasitas 39 kamar non ICU, ditambah 2 ruangan ICU yang dilengkapi dengan 72 tenaga kesehatan mulai dari dokter umum, dokter spesialis dan tenaga kesehatan lainnya.
 
Selanjutnya rumah sakit yang akan disiapkan yakni RS Marta Priska satu dan dua, RS Haji Medan dan RS Sari Mutiara. 
 
Berikutnya, bangunan Pusdiklat Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Provinsi, dan Wisma Atlet yang berada di Jalan Pancing, BP-PAUD Sumut, dan eks Sekolah Polisi Negara di Jalan Bhayangkara. 
 
"Langkah itu dilakukan guna mengantisipasi bilamana terjadi lonjakan pasien," ujarnya. 
 
Hingga Jumat malam, kasus COVID-19 di Sumatera Utara sebanyak 2.995 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 76 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 9 positif serta 3 pasien yang berhasil sembuh.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020