Pemeriksaan rutin bagi setiap personel yang masuk ke lingkungan Makodam I Bukit Barisan dilakukan untuk mengantisipasi bahaya penyebaran COVID-19.

"Inisiatif melakukan pemeriksaan bagi personel yang akan masuk kesatrian melalui pintu yang telah ditentukan untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujar Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, di Medan, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan ini selalu dilakukan oleh Satuan Kesehatan sebagai fungsi organik dan penanggung jawab secara moril di lapangan. Mereka mengecek suhu badan melalui alat infared thermometer, penyemprotan disinfektan, dan cuci tangan dengan cairan pembersih.

"Cairan pembersih tangan telah disiapkan di sudut-sudut ruangan tertentu seperti di setiap pintu rumah ibadah, toilet, pintu masuk kantor di tempat yang mudah digunakan dan tujuannya adalah untuk membersihkan bagian tangan agar steril," ujar jenderal bintang dua itu.

Pangdam menyebutkan, hal tersebut sesuai kebijakan Pemerintah secara nasional memerangi penyebaran dan pencegahan perkembangan COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Ia berharap, dengan dilakukannya kegiatan itu di Makodam I/BB, maka satuan jajaran satuan bawah juga akan mencontoh dan sudah melakukan kegiatan positif ini secara bersama-sama berkoordinasi dengan instansi lain yang ada di daerah masing-masing.

"Dengan demikian pencegahan terhadap perkembangan  COVID-19 dapat terwujud dengan baik dan maksimal terutama di wilayah jajaran satuan Kodam I/BB," kata mantan Kapuspean TNI itu.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020