Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengajak masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk membuat Hand Sanitizer secara mandiri.

Demikian yang disampaikan Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution di Padangsidimpuan, Kamis.

Penyebaran virus corona (COVID-19) yang semakin massif, membuat sejumlah alat kesehatan seperti masker dan  pencuci tangan (hand sanitizer) susah didapatkan dan itu fakta, kata Irsan.

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, ASN Padangsidimpuan lakukan pemeriksaan suhu tubuh

”Mengantisipasi hal tersebut, Wali kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution menyarankan masyarakat untuk membuatnya secara mandiri.”

Wali kota didampingi wakil wali kota, Sekda, Kadis Kesehatan beserta jajaran membuat tutorial langkah – langkah membuat hand sanitizer secara mandiri.

Baca juga: Antisipasi virus corona, sejumlah anggota DPRD Kota Padangsidimpuan cek suhu tubuh

Irsan mengatakan untuk membuat hand sanitizer caranya cukup mudah, masyarakat dapat membeli alkohol 70% di apotek maupun toko obat, kemudian mencampurkannya dengan campuran essential oil sekitar 5%, essential oil ini berfungsi untuk memberi kelembapan pada kulit dan menghindari kulit kering dan iritasi dari alkohol.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sopian Subri Lubis, M, Kes menyarankan campuran juga bisa ditambahkan lidah buaya (aloe vera) sebagai sumber vitamin E.

Ditambahkan sopian, untuk efektifitas minimal kandungan alkohol dalam hand sanitizer minimal 60%. Jika di bawah 60%, daya bunuh terhadap virusnya akan menurun drastis.

Meski demikian, dia mengingatkan masyarakat untuk selalu melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satunya bisa dilakukan dengan mencuci tangan pakai sabun melalui enam langkah, ucapnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020