Kodam I Bukit Barisan menggeser Posko Siaga COVID-19 Rumah Sakit Umum Putri Hijau Medan ke Rumah Sakit GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa (Tamora) Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (18/3).

Pemindahan tersebut merupakan instruksi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sesuai hasil Rapat Koordinasi Terbatas Pemprov Sumut tentang antisipasi dan minimalisasi pencegahan berkembangnya COVID-19 di wilayah Sumatera Utara.

Kepala Penerangan Kodam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi dalam keterangannya di Media Centre Kodam I/BB di Medan, Rabu, mengatakan pemindahan tersebut atas perintah Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah.

Baca juga: Kodam I/BB tiadakan pembukaan TMMD ke-107 untuk antisipasi corona

Pemindahan posko dan termasuk tenda lapangan sebagai ruang isolasi untuk membantu penanganan yang dilakukan Pemerintah Daerah Sumatera Utara, bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona oleh pasien yang diduga terindikasi.

"Jadi ini (pemerintah) ke wilayah Tanjung Morawa, areal PTPN II, adalah merupakan langkah strategis wilayah pintu gerbang Bandara Kualanamu yang berhubungan langsung dari dan ke luar negeri, sangat baik sebagai langkah awal antisipasif terhadap upaya pencegahan yang dilakukan Rumkit Tingkat II Putria Hijau Medan," ujarnya.

Djunaidhi kembali menyampaikan pesan dari Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah kepada masyarakat terkait pencegahan COVID-19 agar menerapkan pola hidup sehat, yakni kelola stressing, jaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, dan olah raga yang teratur.

Baca juga: Komisi I DPR melihat kesiapan Kodam I/BB terkait COVID-19

Untuk pencegahan, sesering mungkin melakukan cuci tangan pakai sabun.

"Kemudian menggunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah, hati-hati kontak dengan hewan, jangan konsumsi daging yan tidak masak, serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat atau ke Posko Siaga Covid -19 terdekat," katanya.

Kepala Rumkit Putri Hijau Kesdam I/BB Letkol Ckm Dr M Irsan Basyroel,SpKK berharap bagi setiap Prajurit maupun warga sipil untuk terus membangun kewaspadaan dan kebersihan diri guna mengantisipasi terjangkit COVID-19.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020