Kodam I Bukit Barisan (I/BB) meniadakan upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 yang dijadwalkan pada Senin (16/3) guna mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19.

"Pembatalan upacara pembukaan TMMD setelah menerima instruksi dari Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah yang memerintahkan seluruh jajaran Kodam membatasi kegiatan yang melibatkan orang banyak," jelas Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Junaidhi, dalam keterangannya di Medan, Minggu (15/3).

Ia menambahkan, yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-107, yakni Kodim 0207/Simalungun, Kodim 0205/Tanah Karo, Kodim 0320/Dumai, Kodim 0315/Bintan, dan 2 (dua) Kodim yang melaksanakan TMMD imbangan, yaitu Kodim 0206/Dairi dan Kodim 0208/Asahan.

Baca juga: Komisi I DPR melihat kesiapan Kodam I/BB terkait COVID-19

Ia menyebutkan, meskipun sampai sekarang belum ditemukan adanya kasus positif corona di Sumut, Sumbar, Riau, dan Kepri, namun perlu ada langkah antisipasi sejak dini untuk pencegahan penyebaran.

"Ini juga sebagian dari upaya Kodam I/BB untuk mengajak masyarakat di Provinsi Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyebaran virus corona," tambahnya.

Junaidhi menyebutkan, meskipun upacara pembukaan batal digelar, namun kegiatan TMMD ke-107 tetap berjalan sesuai jadwal.

"Yang dibatalkan hanya upacara pembukaan saja, untuk kegiatan TMMD akan tetap berjalan sesuai rencana selama 1 (satu) bulan," katanya.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020