Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin membahas penanganan virus corona (COVID-19) yang kini mulai mewabah di Indonesia.

"Polda Sumut akan mengambil langkah-langkah preventif antisipasi penularan virus corona baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat," ujar Martuani pada Rapat Terbatas dengan Wakapolda Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto dan seluruh Pejabat Utama Polda Sumut, di Mapolda, Rabu.

Kapolda menginstruksikan agar di setiap pintu masuk Markas Komando (Mako) maupun ruangan disediakan hand sanitazer untuk menetralisir tubuh personel maupun benda yang akan disentuh.

Baca juga: Universitas Airlangga klaim segera temukan vaksin COVID-19

"Bagi personel Polda Sumut maupun masyarakat yang akan memasuki kawasan Mapolsa Sumut, juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dan akan dilakukan penyemprotan disinfektan," ujar jenderal bintang dua itu.

Martuani juga meminta Polres jajaran, khususnya fungsi Binmas dan Humas agar mengimbau kepada masyarakat bahwa diliburkannya sekolah ataupun universitas bukan sebagai ajang untuk berlibur, melainkan langkah mengisolasi diri guna menghindari penularan virus corona.

Baca juga: Polda Sumut kembangkan kasus berita hoaks Covid-19

Ia minta Satgas Pangan memastikan ketersediaan bahan pokok dan alat-alat kesehatan serta lakukan pengecekan gudang-gudang agar jangan sampai ada penimbunan sembako ataupun alat kesehatan oleh pihak-pihak tertentu.

"Kita terus lakukan pengecekan, jangan sampai situasi seperti saat ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang dapat menghambat laju perekonomian.Jika perlu kita dorong perusahaan disinfektan maupun hand sanitizer untuk melakukan produksi dalam jumlah besar, bila belum memiliki izin agar dibantu perizinannya," kata mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu,

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020