Komandan Kodim (Dandim) 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin yang bertindak sebagai Dansubsatgas Rute II memimpin apel gelar pasukan Pam VVIP Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti.

Pengecekan pasukan gabungan TNI-Polri dilaksanakan di Lapangan Perikesit Markas Kodim 0204/DS di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Rabu.

Pelaksanaan apel diawali dengan pengecekan personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait sebanyak 196 orang, terdiri atas personel Kodim 0204/DS 55 orang, personel Yonif 121/MK 100 orang, dan personel Dishub Deli Serdang 10 orang.

Baca juga: Besok, Raja dan Ratu Belanda akan berwisata ke Danau Toba

Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin menjelaskan dirinya ditunjuk sebagai Dansubgas Rute II Pam VVIP Raja dan Ratu Belanda. Rute II ini meliputi Masjid Al-Mukhlisin, Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai sampai Bandara Kuala Namu Internasional Airport (KNIA).

"Besok (Kamis, 12/3) kita akan melaksanakan Pengamanan VVIP Kunjungan Tamu Negara Raja Belanda dan Ratu ke wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Deli Serdang," ujar Syamsul.

Baca juga: Raja dan Ratu Belanda akan kunjungi rumah Adat Batak di Tobasa Sumut

Ia mengatakan, pada pelaksanaan Pam VVIP adalah sebagai pengamanan rute wilayah dari daerah Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai sampai dengan Bandara KNIA Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

Dalam pelaksanaan pengamanan ini, Subsatgas Rute II dibagi menjadi dua ring pengamanan, yakni Ring 1 dari Yonif 121/MK, dan Ring 2 dari Kodim 0204/DS, Polresta Deli Serdang, dan Dishub Deli Serdang.

Baca juga: Sultan HB X berharap Belanda bersedia kembalikan naskah-naskah kuno

"Yang perlu diwaspadai bahwa rute kita kebanyakan jalan tol. Antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan yakinkan sektor anda terkuasai," kata mantan Danyon Kavaleri 6/Naga Karimata (Yonkav 6/serbu) ini.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan ini, Pasi 2/Ops Kodim 02014/DS, Kasat Sabhara Polres Deli Serdang, para Pasi Kodim 0204/DS dan para Perwira Yonif 121/MK.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020