Dinas Kesahatan Serdang Bedagai, Sumatera Utara terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu dan salah satu di antaranya adalah dengan membuka Poliklinik Bersaudara yang berada di komplek perkantoran Pemkab Serdang Bedagai.

Kepala Dinas Kesehatan Serdang Bedagai, dr Bulan Simanungkalit di Seirampah, Rabu, mengatakan, tersedianya fasilitas kesehatan yang mudah dijangkau merupakan salah satu syarat penting demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Dinkes membuka Poliklinik Kesehatan Bersaudara yang difungsikan untuk men-screening kondisi kesehatan ASN yang berada di wilayah Pemkab Sergai dan masyarakat umum yang berdomisili di sekitar pemkab," katanya.

Baca juga: Cegah virus corona, Pemkab Serdang Bedagai bagikan masker

Baca juga: Bupati: Penerimaan CPNS di Serdang Bedagai bersih dari KKN

Ia mengatakan seiring dengan tuntutan pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat dan hasil evaluasi dari ombudsman, Dinkes berupaya untuk selalu tanggap dalam pelayanan publik, salah satunya dengan penyediaan fasilitas poliklinik.

"Pelayanan publik yang kami sediakan di Poliklinik Bersaudara ini antara lain alat pengukuran tensi darah baik yang manual maupun otomatis. Selain itu tersedia pula nebulizer yang dapat melegakan saluran pernapasan karena berfungsi mengencerkan dahak," katanya.

Tidak hanya itu, Poliklinik Bersaudara juga dapat didatangi oleh ASN atau masyarakat sekitar yang ingin mendeteksi dini kondisi jantung jika tiba-tiba mengalami nyeri di dada atau area jantung.

Itu penting dilakukan mengingat sesuai data dari WHO per tahun 2015, angka kematian global sebanyak 31 persen disebabkan oleh serangan jantung.

"Kita bisa melakukan monitoring kondisi jantung di sini. Juga disediakan tabung oksigen apabila ada pasien dalam kondisi gawat darurat. Poliklnik Bersaudara pun mampu melakukan screening untuk penyakit-penyakit tak menular seperti hipertensi, diabetes, asam urat, kolestrol dan lainnya," katanya.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020