Pemeritah Kota Sibolga memantapkan perencanaan pembangunan  tahun 2021 melalui Pra Musrembang yang digelar hari ini (Rabu,11/3)  di Aula BI Sibolga yang akan dijadikan sebagai acuan  untuk menyusun program pembangunan.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam sambutannya saat membuka acara menekankan, bahwa rumus rancangan pembangunan itu dibentuk di Musrembang.

Untuk itulah para Kepala Dinas, Sekretaris dan Kepala Bidang wajib mengikuti kegiatan tersebut, karena akan menambah ilmu dalam penyusunan anggaran di masing-masing dinas.

Baca juga: Mau dapat uang jutaan rupiah dari BI ? Ikuti lomba ini

Pra Musrembang yang dilakukan itu merupakan tahapan yang diatur dalam undang-undang untuk mematangkan program pembangunan Kota Sibolga tahun 2021 lewat Musrembang.

Tahapan-tahapan itu  harus dilalui, sehingga kelihatan apakah usulan dari Musrembang Kecamatan sudah tertampung atau belum. Sesudah itu dilanjutkan pembahasannya ke Forum Perangkat Daerah dan terakhir di Musrembang.

Baca juga: Wabah virus corona tidak pengaruhi inflasi di wilker BI Sibolga

“Dengan tahapan yang kita lalui ini, maka program pembangunan Kota Sibolga tahun 2021 lebih berkualitas karena sudah melalui tahapan yang diatur dalam undang-undang. Dan saya pesankan saat Musrembang nanti agar perwakilan elemen masyarakat diundang sehingga infomasi dan masukan dari masyarakat menjadi dasar bagi kita,” kata Wali Kota.

Baca juga: Polisi amankan 13 pelajar yang terlibat tawuran

Disebutkan Syarfi, bahwa Pemkot Sibolga nomor 4 tercepat se-Sumatera Utara LKPD nya, dan nomor 2 tercepat LPPD nya. Itu semua karena tahapan demi tahapan sebagaimana diatur undang-undang dilaksanakan dengan baik oleh Pemkot Sibolga. Dan diharapkan laporan LKPD dan LPPD Pemkot Sibolga tidak bermasalah sehingga berpeluang lagi untuk mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Jika WTP dapat kita raih kembali, maka kita akan mendapat dana insentif yang lumayan besar,” kata Syarfi menyemangati peserta.

Sebelumnya Kepala Bappeda Kota Sibolga Junaidi Tanjung dalam laporannya menyampaikan, bahwa Pra Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 Kota Sibolga, bertujuan untuk menyetujui usulan program daerah dan mengklarifikasi hasil Musrembang daerah.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020