Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Langkat melakukan sosialisasi tentang pencegahan kanker serviks kepada warga..

Hal itu disampaikan Ketua PKK Langkat Tiorita, di Hinai, Selasa. Kegiatan ini dalam rangka menyambut Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Langkat tahun 2020.

Baca juga: Pawai Taaruf meriahkan MTQ ke-51 Kota Binjai

Tiorita mengajak para kaum ibu, untuk melakukan pencegahan kanker serviks  dengan mengikuti pemeriksaan kesehatannya dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test.

Sebab, Iva Test adalah upaya pencegahan dini untuk mengantisipasi terhadap keberadaan kanker serviks yang mengancam jiwa, khususnya kaum perempuan.

Baca juga: Tersangka pencurian 19 kendaraan bermotor di Binjai diringkus

Untuk itu diharapkan program ini harus dilaksanakan dengan benar, sebagai upaya PKK Langkat untuk memberikan kesadaran akan pentingnya memperhatikan kebersihan diri, sehingga dapat terhindar dari penyakit yang mematikan.

“Pelaksanaan IVA Test ini bukanlah suatu yang tabu, sehingga harus diindari, karena jika secara dini kita mengetahui terhadap suatu penyakit, maka akan semakin mudah upaya untuk mencegah atau mengobatinya," ujarnya.

Camat Hinai Muhammad Nawawi, menjelaskan Kecamatan Hinai sendiri merupakan desa percontohan IVA Test di kabupaten Langkat dan akan ikut dalam lomba IVA Test tingkat Provinsi Sumatera Utara di tahun 2020 ini.

Jadi pihaknya meyakini arahan dan bimbingan ketua PKK Langkat selain memberikan semangat untuk mengikuti perlombaan, juga gairah untuk menjaga kesehatan bagi kaum ibu. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020