Sejumlah pusat perbelanjaan mewah (plaza) di Kota Medan seperti Sun Plaza melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung dengan alasan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

"Pemeriksaan suhu tubuh pengunjung di pintu masuk utama diberlakukan sejak Kamis (5/3/2020) itu merupakan salah satu tindakan preventif sekaligus memberikan kenyamanan kepada seluruh pengunjung mal,"  ujar Marcomm Manager Sun Plaza Medan, Yokie di Medan, Kamis.

Dia mengakui, untuk hari pertama pemeriksaan masih dilakukan di pintu masuk utama dengan alasan pengunjung terbesar ke Sun plaza masuk melalui pintu tersebut.

Baca juga: Bandara Kualanamu lakukan disenfeksi cegah virus corona

Ke depannya akan dievaluasi, apakah pemeriksaan juga perlu dilakukan di pintu masuk lainnya.

Dia menjelaskan, pemeriksaan dilakukan dengan alat pengukur digital. 

Melalui alat yang terpasang di dekat pintu masuk itu dalam waktu singkat atau langsung sudah dapat terdeteksi suhu tubuh pengunjung.

"Namun manajemen belum bisa memastikan sampai kapan pemeriksaan dilakukan karena melihat perkembangan kasus virus corona," ujar Yokie. 

Baca juga: Manajemen KAI Sumut edukasi penumpang antisipasi virus corona

Dengan pemeriksaan, diharapkan pengunjung bisa merasa lebih aman sehingga kekhawatiran untuk ke mal dengan dalih banyak orang bisa ditekan.

Petugas keamanan Sun Plaza, Giska P Solin,  mengatakan, hingga Kamis (5/3) siang semua pengunjung yang masuk memiliki suhu tubuh yang normal atau berkisar 34 - 36 derajat Celcius.

Baca juga: Pelindo 1 tingkatkan upaya pencegahan penyebaran virus corona

"Kalau suhu tubuh pengunjung sekitar 38-39 derajat, tidak diizinkan masuk," katanya.

Salah seorang pengunjung Sun Plaza, Elvi, mengaku pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan pihak mal cukup bagus karena memberi rasa aman.

"Tapi maunya, pemeriksaan dilakukan di semua pintu masuk, agar benar - benar aman," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020