Manajemen PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara terus melakukan sejumlah kegiatan untuk mengedukasi penumpang mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).

"Edukasi mulai dari cara benar memakai masker dan cuci tangan, pengenalan soal Virus Corona hingga pengenalan alat dan cara pakai thermometer infra red," ujar Vice President (VP) PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat di Medan, Kamis.

Baca juga: Terkait Virus corona, Indonesia larang masuk pendatang yang pernah snggah di Iran, Italia, Korsel

Dengan langkah itu, manajemen KAI berharap  masyarakat calon penumpang KA tidak perlu cemas bepergian menggunakan moda KA.

Baca juga: Waspada corona, tiga warga Taput diisolasi dalam pemantauan

Baca juga: Malaysia tutup sistem "autogate" di pintu masuk negara

KAI sendiri, ujar Daniel Johannes Hutabarat sudan melakukan pembagian masker hingga 30ribuam helai.

Pembagian masker dilakukan di lima stasiun, yaitu di Stasiun Binjai, Stasiun Medan, Stasiun Tebingtinggi, Stasiun Rantau Prapat dan Stasiun Kisaran.

Daniel mengakui, langkah pengamanan yang dilakukan manajemen KAI Sumut mendapat respon positif dari penumpang KAI.

Dengan dukungan positif dari penumpang, tentunya memudahkan kerja petugas Tim Kesehatan KAI sehingga diharapkan tidak ada terjadi penularan Virus Corona di sekitar KA.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan.berharap semua pemangku kepentingan ikut mendukung langkah pemerintah mengantisipasi dan menangani Virus Corona.

"Masyarakat sendiri tidak perlu panik, namun harus meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan," ujarnya.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020