Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin melaksanakan pengisian data Sensus Penduduk Online yang dipandu langsung Kepala BPS Langkat Hj Tuti Hidayati dikediaman rumah dinas Bupati di Stabat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Langkat Syahmadi, di Stabat, Kamis.

“Ayo sukseskan Sensus Penduduk 2020 menuju satu data kependudukan, untuk Indonesia maju,” ajak bupati.

Baca juga: Kapolres Tapsel lakukan pengisian Sensus Penduduk 2020

Bupati juga menghimbau kepada seluruh ASN Pemkab Langkat, agar ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan SP 2020, dengan mengisi SP Online, serta menghimbau masyarakat untuk melakukan SP Online atau menerima petugas SP untuk melakukan wawancara.

“Keberhasilan Sensus Penduduk 2020   dipengaruhi banyak faktor, salah satu faktor kuncinya adalah partisipasi dari masyarakat, untuk ikut serta dalam SP 2020, dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar,” katanya.

Hasil SP 2020 ini tidak hanya bermanfaat untuk  membuat perencanaan dimasa kini, tetapi untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi dimasa depan, termasuk mengenai kebutuhan pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan dan sebagainya.

Kadis Kominfo Syahmadi menerangkan, bahwa SP 2020 merupakan sensus ketujuh sejak pertama kali dilakukan pada Tahun 1961.

Untuk pelaksanaanya, ditahun 2019 telah dikeluarkan Perpres Nomor 39 tentang Satu Data Indonesia  dan Perpres Nomor 62 tentang stretegi  nasional percepatan administrasi kependudukan untuk pengembangan  statistik hayati, yang disingkat  AKPSH.

Kegiatan sensus ini juga dilakukan berdasarkan UU No 16 tahun 1997 tentang statistik  dan rekomendasi PBB, bahwa setiap negara  harus menyelanggarakan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali.

Dimana tujuan utamanya SP2020, untuk menyediakan data  jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menurut data berdasarkan tempat tinggal dan data De Jure yakni data berdasarkan administrasi.  Serta menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya, untuk keperluan proyeksi penduduk, kata Syahmadi.

   

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020