Komando Distrik Militer (Kodim) 0201/BS memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah daerah melakukan pembersihan daerah aliran sungai (DAS) Sei Deli yang membelah Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

"Kesiapsiagaan antisipasi bencana banjir di wilayah Kota Medan akibat luapan Sungai Sei Deli ini, diwujudkan dengan menerjunkan 70 personel Babinsa," kata Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga melalui Pasiter Mayor Inf Romi Sembiring di Medan, Selasa.

Ia menyebutkan, 70 personel Babinsa jajaran Kodim 0201/BS memiliki tugas dan tanggungjawab pada wilayah DAS Sei Deli di kawasan Jalan Mangkubumi Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan.

Kegiatan pembersihan alur serta DAS Sei Deli ini dimulai dari kawasan Avros Park, Jalan Avros, Kecamatan Medan Polonia hingga kawasan jembatan, Jalan Perdana, Kecamatan Medan Barat.

Baca juga: Kodim 0201/BS gelar patroli bangkai babi menanggapi keresahan warga

"Pembersihan alur serta DAS Se Deli dari jembatan Avros hingga jembatan Perdana ini dibagi dalam 19 sektor, dan Kodim 0201/BS bertanggungjawab di sektor Jalan Mangkubumi dengan cakupan wilayah kerja sepanjang 300 meter," terangnya.

Romi menjelaskan, selain bergotong royong, Kodim 0201/BS juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah secara sembarangan, khususnya ke dalam Sei Deli. Karena Sei Deli ini akan menjadi warisan kepada anak dan cucu.

Mustahil warga di sepanjang DAS Sei Deli ini bisa hidup bersih dan sehat, kalau kondisi sungainya masih kotor dan banyak sampah.

Baca juga: Kodim 0201/BS-Brimob Polda Sumut patroli gabungan

"Karena pembersihan yang dilakukan ini juga bertujuan menjadikan alur Sei Deli ke depan sebagai destinasi wisata bahari Kota Medan," katanya.

Kegiatan penyusuran dilakukan dengan menggunakan Landing Crafy Rubber (LCR) dengan melibatkan personel dari BPBD Sumut, BPBD Kota Medan, BWS II Medan, Tagana, personel TNI-Polri dan Komunitas Peduli Anak dan Sei Deli.

 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020