Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara bersiap mengembangkan bibit bawang merah unggul melalui kelompok tani di enam kabupaten/kota untuk memenuhi kebutuhan komoditas tersebut di provinsi itu yang terus meningkat

"Pengembangan bibit bawang di enam daerah itu masing - masing Kota Medan, Serdangbedagai, Deliserdang, Batubara, Simalungun, Karo dengan total 9 hektare," ujar Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Taufik Batubara di Medan, Selasa.

Taufik yang mewakili Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Dahler Lubis, mengatakan, pengembangan bibit di enam daerah dengan total areal 9 hektare itu akan menghasilkan produksi sekitar 56 ton.

Satu hektare bibit dengan varietas unggul itu produksinya sekitar 7 ton.

Baca juga: Dinas Pertanian Tanaman Pangan Langkat kembangkan tanaman bawang putih

"Hasil panen bibit itu yang akan dibagikan untuk dikembangkan petani bawang di Sumut sehingga nantinya produksi bawang merah Sumut bisa meningkat dan bahkan surplus," ujar Taufik yang didampingi staf Adri A Nasution, Adly Saragih dan Rismauli Gultom

Dia mengakui hingga saat ini, Sumut masih kekurangan produksi bawang merah sehingga mengandalkan pasokan dari Brebes, Jawa Tengah dan bahkan impor.

Oleh karena itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berkomitmen meningkatkan produksi bawang tersebut.

Baca juga: Gubernur sebut Sumut akan dapat tambahan alokasi pupuk bersubsidi

Data BPS menunjukkan, luas tanaman bawang di 16 kabupaten/kota Sumut pada 2019 masih seluas 2.124 hektare dengan produksi 16.761 ton.

Sementara konsumsi bawang.merah Sumut sudah jauh di atas angka itu sehingga Pemprov Sumut terus berupaya mengembangkan bibit dan bawang untuk.konsumsi.

"Untuk tahun 2020, sasaran tanam bawang di Sumut seluas 2.551 hektare dengan produksi 17.341 ton," ujar Taufik.

Sementara untuk swasembada bawang merah diperlukan lahan sekitar 5.992 hektare sehingga bibit bawang merah yang berkualitas sangat dibutuhkan.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020