Sebanyak 9 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di LKBN ANTARA dalam upaya memperdalam ilmu jurnalistik yang telah didapat di bangku kuliah selama ini.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UINSU, Hasan Sazali MA, di Medan, Senin (3/2), mengatakan, ke-9 mahasiswa tersebut melaksanakan PKL di LKBN ANTARA Biro Sumut selama sebulan mulai 15 Januari hinggga 16 Februari 2020.

"Tentunya kami berharap mereka nantinya benar-benar mendapatkan ilmu tentang jurnalistik dari tempat PKL sekaligus mematangkan ilmu yang didapat selama ini dibangku kuliah," katanya.
 
Secara keseluruhan mahasiswa Ikom UINSU yang melaksanakan PKL tahun ini sebanyak 360 orang di sejumlah lembaga dan dibagi dalam dua gelombang.

Pembagian gelombang tersebut karena keterbatasan media di kota Medan yang tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang akan melaksanakan PKL. 

"Jumlah mahasiswa kami banyak khususnya untuk konsentrasi jurnalistik yang membutuhkan kantor media sebagai tempat belajar. Jadi kami tidak mau mahasiswa kami menumpuk disatu tempat lalu mereka tidak diberdayakan secara maksimal. Sehingga kami bagi dalam dua sesi agar mereka mendapatkan pengalaman maksimal disana” ujarnya.

Hingga kini, mahasiswa ilmu komunikasi yang melaksanakan PKL tersebar di 40 titik dan tidak hanya di kota Medan, sebagian mahasiswa PKL di Tebing Tinggi, Riau, dan Aceh.

"Jadi dari berbagai macam latar belakang tempat PKL ada yang diperusahaan, BUMN, juga di LKBN ANTARA dan lainnya," katanya.

Halimah Tusaddiah Rambe, mahasiswi Ikom yang PKL di LKBN ANTARA mengatakan ilmu dan pengalaman yang didapatkannya saat PKL sangat banyak.

"Saya senang dengan pelaksanaan PKL ini, karena teori yang sudah saya dapatkan saat kuliah disinilah saya terapkan, dan pengalaman yang saya dapatkan sangat banyak disini," katanya.


 

Pewarta: Riski Patimah

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020