Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) mendukung rencana pengembangan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). 

Hal tersebut disampaikan Bupati Ali Sutan Harahap saat menerima kunjungan silaturahim pimpinan IAIN Padangsidimpuan dengan menghibahkan tanah seluas 25 hektar.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Padang Lawas menghibahkan tanah 25 hektar dan siap mendukung sepenuhnya untuk pengembangan IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN,” ungkap bupati Ali Sutan, Sabtu.

Ia juga menjelaskan, kalau penghibahan tanah ini dilakukan untuk memfasilitasi  dan kepentingan pengembangan IAIN Padangsidimpuan karena masyarakat sangat butuh lembaga pendidikan dengan berbagai disiplin ilmu.

“Universitas di daerah ini sangat dibutuhkan sesuai dengan perkembangan dan harapan masyarakat," ucapnya.

Ratusan putra-putra terbaik dari Kabupaten Padang Lawas  yang kuliah di IAIN Padangsidimpuan dan  terbukti kualitas alumni dari IAIN Padangsidimpuan tidak kalah dengan kualitas alumni dari perguruan tinggi lainnya.

Kami siapkan lahan dan kami akan memfasilitasi pembangunan fakultas dan urusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti jurusan peternakan, pertanian dan kesehatan dan lain-lain.

Bupati Palas juga berpesan besar harapan kami kepada Kementerian Agama RI, percepatan IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN agar segera mendapat  persetujuan.

Sumper Mulia Harahap sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan mengungkapkan semoga dengan kerja sama yang terbangun selama ini dalam peningkatan status IAIN menjadi UIN di Kota Padangsidimpuan.
 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020