Pemprov Sumut tetap berkomitmen mewujudkan pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Medan sepanjang 30,97 kilometer. Hingga saat ini progresnya masih sesuai dengan rencana dan ditargetkan peletakan batu pertama pada Februari 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, Rabu (15/1), di Kantor Gubernur Sumut di Jalan Pangeran Diponegoro 30 Medan. 

Baca juga: Sumut segera bangun tol dalam kota Medan

"Progresnya masih berjalan, rencananya 'ground breaking' dilaksanakan pada Februari 2020,” ujar Effendy Pohan, menjawab pertanyaan tentang perkembangan pembangunan jalan tol dalam Kota Medan.

Effendy memaparkan, rencana pembangunan jalan tol dalam Kota Medan dimulai pada medio Maret 2019 dengan dilaksanakannya MoU bersama Pemprov Sumut, Pemkot Medan dan Pemkab Deliserdang bersama investor PT CmNP dan PT Adhi Karya. 

"Semua pembiayaan mulai studi kelayakan atau feasibility study sampai nantinya konstruksi dan pengusahaan akan dilakukan oleh investor dan konsorsium," katanya.

Ia mengatakan direncanakan feasibility study itu akan selesai di Februari 2020, sehingga tahapan lanjutannya adalah pelaksanaan pengusahaan jalan tol dalam Kota Medan dapat dilanjutkan. 

Pada tahapan selesai atau disetujuinya FS inilah Pemprov akan melaksanakan peletakan batu pertama yang direncanakan Februari 2020.

Pemprov/Pemko/Pemkab sejatinya terus mendorong dan memfasilitasi seluruh kebutuhan data, perizinan dan lain-lain terkait percepatan penyelesaiaan FS yang dilakukan oleh konsultan investor. 

"Kita juga berharap semua pihak dapat juga mendukung segala bentuk kegiatan yang dapat mempercepat selesainya FS ini," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020