Perusahaan panas bumi PT Sorik Marapi Geotermal Power (SMGP) peringati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) nasional tahun 2020, Senin (13/01).

Peringatan bulan K3 yang dilaksanakan di base camp SMGP Desa Purba Lama Kecamatan Lembah Sorik Marapi ini langsung dipimpin oleh Power Plant Manager PT SMGP, Eddiyanto dan dihadiri seluruh karyawan perusahaan dan seluruh perusahaan kontraktor mitra PT SMGP. 

Manager PT SMGP, Eddiyanto dalam arahannya menyampaikan, peringatan bulan K3 nasional tahun 2020 ini merupakan momentum yang strategis sebagai pengingat akan pentingnya K3 dalam pelaksanaan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari di dalam perusahaan yang berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia nomor 386 tahun 2014.

Baca juga: Tiga kali dapat peringatan, Kadis PMD Madina mengundurkan diri

Sesuai dengan tema peringatan bulan K3 nasional tahun 2020 “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbedaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” diperlukan adanya optimalisasi budaya K3 pada era digitalisasi seperti sekarang ini.

"Optimalisasi kemandirian masyarakat berbudaya K3 bermakna bahwa kita harus dapat melakukan segala daya dan upaya terbaik agar tercipta kemandirian masyarakat. Dan, kemandirian yang dimaksud bahwa secara sadar kita dapat memprioritaskan K3 dalam pelaksanaan perkejaan. Sehingga dari kesadaran tersebut terciptalah suatu budaya,” kata Eddiyanto

Baca juga: Abrasi pantai kembali terjadi di Muara Batang Gadis dan Natal

Baca juga: Kadis Pertanian Madina bantah adanya pemotongan gaji honorer

Ia menerangkan, kemandirian dan budaya K3 ini sangat penting khususnya di dalam lingkup perusahaan panas bumi PT SMGP.

Dikarenakan, berdasarkan data statistik kecelakaan kerja sepanjang tahun 2019, tercatat ada 23 jumlah kecelakaan yang terjadi, yang semuanya dialami oleh kontraktor. 

“Oleh karena itu, diperlukan kerjasama, komunikasi, dan komitmen yang optimal dalam mewujudkan K3 sebagai budaya di SMGP. Selain itu, dalam rangka mendorong terlaksananya perlindungan yang efektif dan efisien. Meningkatkan pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Maka penerapan sistem K3 satu hal yang wajib khususnya di era digitalisasi,” terangnya.

Eddiyanto menjelaskan, SMGP telah memiliki sistem manajemen K3 lindung lingkungan yang menjadi acuan dalam penyerapan keselamatan dan kesehatan kerja.

Contoh konkrit diterapkan di SMGP sistem izin kerja aman, kartu observasi, perencanaan K3LL setiap kontraktor serta proses pelaksanaan investigasi jika terjadi kecelakaan kerja.

Atas hal itu, Eddiyanto meminta kepada seluruh stake holder baik pekerja, mitra kerja, ataupun masyarakat yang berada di wilayah panas bumi SMGP untuk dapat lebih berpartisipasi dalam menerapkan program dan strategi K3 yang meliputi gerakan promosi K3, penguatan kapasitas sumber daya K3, penguatan pengawasan dan penegakan hukum norma K3, sistem pelaporan dan manajemen data, dan kordinasi sinergi dan kolaborasi di berbagai aspek.

Disamping itu, Eddiyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pekerja dan mitra kerja di wilayah panas bumi SMGP dengan tidak adanya kecelakaan kerja yang berakibat kematian serta pencapaian 1.690.644 jam kerja tanpa hilang hari kerja.

Ia menyebutkan, pencapaian ini merupakan hasil dari jerih payah bersama dalam rangka menerapkan sistem manajemen K3 yang optimal.

"Semoga dengan adanya bulan K3 nasional tahun 2020 ini menjadi landasan kita bersama untuk dapat lebih meningkatkan kemandirian budaya K3 khususnya di era digitalisasi," harapnya.

Mengingat perusahaan ini bergerak di bidang geotermal, sektor industri beresiko tinggi membangun dengan cepat dan benar, tapi kita juga mengutamakan keselamatan kerja adalah merupakan tujuan utama.

"Angka tersebut (1.690.644) adalah jam kerja tanpa ada menyebabkan kematian ataupun yg dirawat,” jelasnya.

Selain upacara memperingati bulan K3 tahun 2020. SMGP juga mengadakan berbagai turnamen antar karyawan dan kontraktor mitra perusahaan. Seperti turnamen tenis meja, catur, dan badminton. Selain itu, ada juga perlombaan ‘Slogan’ dan Poster yang berkaitan dengan Lindung Lingkungan.

“Rangkaian peringatan bulan K3 ini, kita juga mengadakan turnamen olahraga, lomba slogan dan poster, yang berthema Lindung Lingkungan,” ujar Eddiyanto didampingi Manajer K3LL  Doni Masditok.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020