Untuk meringankan beban korban banjir bandang yang terjadi di Dusun Siriaria Desa Pematang Kecamatan Na IX-X, Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah SE menginstruksikan dibuat dapur umum.

Hal itu dikatakannya saat mengunjungi Posko Dandim 0209/LB yang berada dekat Kantor Kepala Desa, Senin. Saat itu, bupati didampingi Danrem 022/PT Kolonel Inf Raden Wahyu, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Camat Na IX-X Jhon Fery SSTP dan sejumlah pejabat lainnya.

"Disini cocok dibuat dapur umum. Jadi setelah masak baru dibagikan kepada warga," kata pria yang akrab disapa H Buyung dalam pertemuan yang turut dihadiri sejumlah perwira Kodim 0209/LB dan Kades Pematang P Munthe.

Baca juga: Polres Labuhanbatu dikerahkan bantu bersihkan puing di lokasi banjir

Menurutnya, dengan adanya dapur umum itu maka baik warga dan petugas lebih terjamin makan minumnya. Demikian juga dengan pencarian keluarga Akbar Pasaribu yang belum diketahui keberadaannya.

"Selain itu, dengan adanya dapur umum, maka bantuan dari berbagai kalangan yang datang dapat lebih terkontrol.  Dengan demikian, pelaporan dan pertanggungjawaban bantuan lebih mudah dilakukan, " sebutnya.

Guna kebutuhan tersebut, bupati juga memerintahkan Kadis Damkar Ahmad Sofyan ST unruk  mengerahkan mesin airnya ke tempat itu.  Demikian juga kepada Kaban Penanggulangan Bencana Daerah Irwan diperintahkan melakukan tugas secara optimal.

Baca juga: Gerak cepat, jalan rusak akibat banjir bandang sudah bisa dilalui

Pada bagian lain, bupati menyatakan jika pengerasan jalan yang putus sudah selesai, maka alat berat berupa ekavator sudah bisa digunakan untuk membuat jalan atau jembatan di Dusun Siriaria.

Kedatangan bupati bersama Danrem 022/PT ke posko yang mulai didirikan Kodim 0209/LB tersebut di tengah turunnya hujan dan listrik yang padam. Turut mendampinginya Kepala Dinas PMD Drs H Syofyan Yusma MSi dan Kadis PPKB HM Suib SPd MM.

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019