Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengajak generasi muda di daerah itu untuk turut bersama-sama untuk melestarikan budaya kearifan lokal.

"Generasi muda jangan meninggalkan atau lupa untuk melestarikan budaya kita, generasi muda sekarang inilah yang meneruskannya," katanya pada kegiatan Gebyar Seni Budaya, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut mempunyai arti penting guna membangkitkan seni dan budaya di wilayah Kota Padangsidimpuan melalui kreasi, inovasi, dan kolaborasi.

Sehingga dengan demikian diharapkan terwujud dalam bingkai persaudaraan dengan semangat Salumpat Saidege bersama menjaga dan membangun kota Padangsidimpuan.

Baca juga: Gelar tari ular oleh waria, Kemenag Kota Padangsidimpuan minta maaf

Baca juga: Kodim 0212/TS gelar kejuaraan karate Hari Juang TNI

Kepada Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan diminta juga untuk lebih menggali dan melestarikan kesenian dan kebudayaan serta merangkul seluruh pekerja seni di darah itu.

"Untuk para generasi muda, agar lebih menanamkan serta melestarikan budaya daerah sebagai aset yang perlu dipertahankan, untuk mencegah terjadinya krisis budaya dan menangkis pengaruh negatif di era globalisasi," katanya.

Ketua Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan Muhammad Amin Nasution menyampaikan dewan kesenian merupakan wadah perkumpulan pegiat seni budaya untuk berkreasi dan mengangkat kearifan lokal kota Padangsidimpuan.

 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019