Curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan debit air Sungai Wampu terus meningkat dan bahkan kini sudah masuk ke pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai.

"Debit air Sungai Wampu terus naik sejak kemarin, kini semakin meningkat terus, dikhawatirkan bila hujan terus turun tak tertutup kemungkinan mengakibatkan banjir," kata salah seorang warga, Muhammad Azwan Hasibuan, di Stabat, Rabu.

Masyarakat di pinggiran Sungai Wampu sekarang ini semakin was-was saja dan takut jika sewaktu-waktu air terus semakin naik, terutama pada malam hari saat mereka sedang nyenyak tidur.

Baca juga: Banjir kembali melanda Sirapit Langkat, 115 hektare sawah terendam

Baca juga: 30 hektare tanaman padi dan jagung terdampak banjir Kuala Langkat

Sementara itu puluhan warga yang selama ini menggantungkan hidupnya dari penambangan pasir sekarang ini tidak bisa bekerja karena permukaan air terus naik.

"Air semakin naik saja sehingga para penambang pasir sudah tiga hari ini tidak bisa beraktivitas," kata Iyal, salah seorang penambang.

Tentu bila ini terus berlarut-larut maka kehidupan mereka akan terancam karenq mereka tidak mendapatkan penghasilan seperti hari-hari biasanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019