Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Agus Andrianto dan Bupati Padang Lawas (Palas)  H.Tongku Ali Sutan (TSO) mendapat penghargaan Promoter Reward dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Penghargaan tersebut diberikan karena keduanya yakni Kapoldasu dan Bupati Palas dinilai berhasil membangun berdirinya Kepolisian Resor Padang Lawas atas swadaya masyarakat.

"Oleh karenanya kita pantas memberikan penghargaan promoter reward tersebut," ungkap Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan, S.H, M.H, yang menghubungi Antara, Minggu (15/12).

Pendiri (Ketua Yayasan SMA Plus Taruna Bangsa Padang Lawas) ini mengatakan penghargaan tersebut diserahkannya kepada Agus dan TSO disela peresmian Polres Padang Lawas, pada Jumat (13/12).

"Disamping mengapresiasi kehadiran Polres Padang Lawas sesuai program kepolisian Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) kiranya semakin dekat dengan masyarakat," harap pria berusia 51 tahun ini.

Mantan anggota Kompolnas ini selanjutnya mengungkapkan bahwa semua itu terjadi (kehadiran Polres) tidak lepas dikarenakan tingginya atensi dan kepedulian masyarakat terhadap Kepolisian RI serta inisiasi bupati dan Kapoldasu.

"Sebagai masyarakat (atau putera daerah) Padang Lawas kami bangga apabila kepolisian di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis kehadiran Polri semakin tambah dirasakan masyarakat," sebutnya.

"Penelitian membuktikan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kapolri Idham Azis melalui program penguatan Promoter Kapolri sejak  dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) 1 November 2019 mulai dirasakan masyarakat di Indonesia," ungkap pakar hukum kepolisian dari program pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Menurut doktor ilmu hukum ini, tujuh penguatan  program promoter yang saat ini yang kehadirannya mulai dirasakan masyarakat dari hasil penelitian Lemkapi dilapangan adalah program mewujudkan SDM yang unggul banyak diapresiasi.

Lalu pemantapan harkamtibmas dan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan banyak dipuji, penguatan sinergitas Polri dan TNI dan masyrakat yang semakin baik, serta penataan kelembagaan yang semakin bagus juga membuat polri semakin  dipercaya masyrakat.

"Lemkapi mendukung terus Kepolisian Republik Indonesia dan seluruh jajarannya dalam rangka peningkatan kinerja agar kepolisian semakin dicintai masyarakat," tutup pemerhati kepolisian ini.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019