Usaha tambang batubara yang ada di kawasan Desa Hasang Kecamatan Kualuhselatan dalam waktu dekat akan segera dimulai. Izin untuk penambangan tersebut juga sudah keluar dari kementerian terkait.

Hal itu dikatakan Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah SE saat memberikan sambuat pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 yang diselenggarakan di kompleks Dinas Kesehatan Labura, Kamis.

“Usai imleks nanti, usaha tambang batubara di Hasang akan dimulai,” katanya di hadapan ratusan hadirin seraya menyebutkan dirinya juga sudah melihat langsung peralatan untuk kegiatan tersebut yang sudah tiba di Belawan.

Menurutnya, jika penambangan batubara itu terwujud, maka pendapatan asli daerah (PAD) Labura akan meningkat tajam. Dan dampaknya tentu akan dapat lebih mempercepat pembangunan di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut.

"Nanti jalan ke Hasang akan dipasangi lampu tenaga surya seluruhnya. Jadi enaklah bagi warga Hasang,” ujar pria yang akrab disapa H Buyung itu terkait rencana penambangan batubara oleh salah satu perusahaan besar tersebut.

Kepada Antara, bupati menyebutkan, lahan yang akan diusahai untuk tambang batubara itu berkisar 200 ha. “Kira-kira 200 Ha. Tapi saya lupa angka pastinya,” katanya terkait areal yang akan diusahai untuk penambahan batubara tersebut.

Dalam berbagai kesempatan pameran, Pemkab Labura selalu menampilkan potensi bahan tambang yang ada di kabupaten tersebut. Diantaranya batubara dan batu granit yang lokasinya antara lain berada di Kecamatan Kualuhselatan.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019