Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melakukan peninjauan harga bahan pokok di Pusat Pasar Tradisional Medan, Rabu.
 
Dari hasil peninjauan, ditemukan beberapa komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga.
 
Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Veri Anggrijono mengatakan pemerintah akan memantau pergerakan kenaikan harga bahan pokok menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
 
"Dari hasil peninjauan, harga bahan pokok relatif stabil, namun ada beberapa juga yang naik harganya. Dalam hal ini kita akan tinjau terus dengan melakukan koordinasi ke Pemda," katanya.
 
Selain itu, pemerintah juga akan memastikan stok bahan pokok aman menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: Astaga, saat sidak Gubernur Sumut temukan beras impor bau apek

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemendag tinjau pasar di Medan
 
"Kita melakukannya koordinasi dengan Pemda setempat, dalam rangka mengamankan. Karena biasanya mendekati hari Natal dan Tahun baru, kita lakukan kordinasi dengan pemerintah baik tingkat provinsi maupun kota," ujarnya.
 
Apabila terjadi lonjakan harga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 ini, pihaknya akan melakukan operasi pasar.
 
"Apabila ditemukan indikasi naik beberapa komoditi, kita akan lakukan operasi pasar. Sehingga masyarakat dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru ini bisa tenang," ujarnya.
 
Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melakukan peninjauan harga bahan pokok di Pusat Pasar Tradisional Medan, Rabu. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
 
Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan bahwa ketersediaan komoditas bahan pokok di Sumut aman.
 
"Mudah-mudahan sampai nanti selesai tahun baru ini tidak ada masalah. Karena komoditas barang-barang yang kita siapkan baik itu cabai, bawang putih bawang merah, daging, telur, ini tidak ada masalah," ujarnya.
 
Hadir juga dalam peninjauan itu Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Ojak Simon Manurung, Kepala Dinas Perindag Sumut Zonny Waldi, Badan Urusan Logistik (Bulog), PD Pasar, dan sejumlah pejabat lainnya.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019