Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan menggelar pelatihan komunikasi informasi dan edukasi dan komunikasi inter personal kepada penyuluh dan petugas lapangan keluarga berencana PNS dan Non PNS, Senin.

"Pelatihan diikuti 120 peserta. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan PKB/PLKB dalam menjalankan tugas di lapangan," kata Kadis PPKB Kota Padangsidimpuan Khairul Alamsyah.

Ia mengatakan keberhasilan program kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga, dalam mengendalikan tingkat kelahiran dan meningkatkan kualitas masyarakat tidak lepas dari penyuluhan kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. 

Penyuluh yang menjadi ujung tombak di lapangan berperan penting menjabarkan cita-cita dari pembangunan nasional maupun program KKBPK.

"Tugas utama penyuluh KKBPK adalah melakukan penyuluhan atau memberikan Informasi dan edukasi tentang program KKBPK dalam rangka meningkatkan pengetahuan sikap dan prilaku kepada individu keluarga atau masyarakat di berbagai forum," katanya.

Menurut dia, perubahan lingkungan strategis saat ini terkait mamajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) semakin mengarah pada profesionalisme. 

Maka dari itu, penyuluh yang juga merupakan jabatan Fungsional dari PNS dituntut untuk menjaga profesionalisme dalam bekerja. 

Selain perubahan manajemen PNS, saat ini juga perkembangan teknologi informasi untuk dimanfaatkan pada suatu pekerjaan juga semakin cepat dan efektif.

"Manajemen kinerja berbasis teknologi informasi sudah digunakan untuk mengukur kinerja setiap pegawai," katanya.


 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019