Tim Survei Rumah Sakit dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mengunjungi RSUD Deliserdang dalam rangka Akreditasi Versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS), Senin (11/11).

Terkait hal tersebut Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, mengatakan, RSUD Deliserdang merupakan salah satu rumah sakit kebanggaan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Deliserdang. 

"RUSD Deli Serdang ini akan  terus dikembangkan untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya.

Ia juga menyampaikan pembangunan bidang kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. 

Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut, diperlukan berbagai upaya secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu, melalui perbaikan mutu, sampai dengan peningkatan pelayanan kesehatan yang dilakukan secara berkesinambungan.

Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, antara lain dengan menerapkan sasaran keselamatan pasien yaitu ketepatan identifikasi pasien, peningkatan komunikasi yang efektif.

Kemudian peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai, kepastian tepat lokasi, tepat prosedur, tepat pasien operasi, pengurangan resiko infeksi terkait pelayanan kesehatan, pengurangan resiko jatuh.

Pihaknya bersyukur semua yang telah dilakukan selama ini berhasil mengantarkan RSUD Deliserdang menjadi "Role Model" dan mendapatkan predikat dan penghargaan sebagai rumah sakit umum daerah "sangat baik" dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Untuk itu kunjungan tim survei akreditasi Standart Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) itu sangat berarti dan bermakna karena akan semakin memacu manajemen RSUD Deliserdang untuk terus berbenah.

"Kami berharap tim surveyor dapat memberikan masukan dan saran bagi kami agar kami semakin paham atas kekurangan yang harus kami perbaiki dan benahi kedepannya," katanya.

Ketua Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) drg. Lalu Suparna mengatakan beberapa hal yang dinilai oleh tim surveyor diantaranya visi misi, program, sarana prasarana, SDM serta alat kesehatan dan implementasi yang disudah dilaksanakan.

Penilaian Akreditas SNARS ini dilakukan Mulai Tanggal 11-14 Nopember 2019.

Akreditasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan serta keamanan baik untuk pasien, petugas dan lingkungan.

Dengan dilaksanakannya survei akreditasi itu, maka nanti akan diberikan sertifikat akreditasi dan terdiri dari beberapa tingkatan yang tentunya akan berdampak baik bagi pelayanan.

"Saya sangat senang karena Pemkab Deliserdang sangat mendorong mutu dan keselamatan pasien di RSUD Deliserdang. Kalau tidak salah, saya mendengarkan upaya pengurangan resiko jatuh bagi pasien. Bupati dan Pemkab Deli Serdang dalam hal ini RSUD Deli Serdang punya komitmen yang tinggi," katanya.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019