Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara adakan rapat kerja teknis evaluasi penanganan pelanggaran pemilu tahun 2019, di Padangsidimpuan, Jum'at.

Dengan mengangkat tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bawaslu tegakkan keadilan pemilu".

Ketua Bawaslu Sumatera Utara Syafrida R Rasahan mengatakan kegiatan ini adalah evaluasi dalam pengawasan pemilu, sebagai pengawas pemilu  dalam prosesnya perlu melakukan perbaikan-perbaikan.

Dia menyebut ada sebanyak 428 laporan dan temuan, 24 putusan pengadilan, ada 41 sengketa terkait politik uang di Sumatera Utara.

Tugas bawaslu yang begitu berat sesuai amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017 kita harus melakukan perbaikan-perbaikan demi mewujudkan pemilu yang luberjurdil.

Sementara itu Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, tahun ini, sengketa baik di tingkat nasional dan provinsi masih ditunggu oleh masyarakat luas.

Lebih lanjut ia menambahkan, masyarakat sekarang menunggu sidang sengketa di Bawaslu untuk ditonton dan saksikan khalayak .

Menurutnya, masyarakat meminta keterbukaan dalam penyelesaian sengketa. "terbuka semuanya kecuali mediasi. Silakan tonton. Tidak ada dusta di antara Bawaslu. Proses sesuai fakta. Apa yang terbuka di sidang, itulah yang diproses. Tegakkan keadilan karena keadilan itu dekat dengan taqwa," katanya.

Bagja mengharapkan, pengawas pemilu memperkuat kinerja pengawasan dan penegakan hukum Pilkada Serentak 2020. Dia meminta, kerja-kerja pengawasan harus diikuti dengan penjelasan juga dalil hukum yang kuat, sehingga Bawaslu menjawab setiap 'bully' dengan kerja nyata dan bisa dipertanggungjawabkan.

Terpisah Wali kota Irsan Efendi Nasution mengucapkan selamat datang kepada Bapak Ketua Bawaslu RI yang diwakili bapak Rahmat Bagja, Ketua Bawaslu Sumut dan para Ketua Bawaslu di 33 Kabupaten Kota.

Beliau menyebut kedatangan peserta rapat memberikan pengaruh geliat ekonomi, hotel-hotel kami terisi, restoran kami terisi, dan berbagai produk-produk lokal masyarakat kami tentu akan dibeli bapak ibu sekalian.

Ia juga mendukung penuh kegiatan rakernis ini, semoga dapat berjalan lancar dan sukses menangani permasalahan pelanggaran untuk peningkatan integritas kerja panitia pengawas pemilu.

Baca juga: Irsan Efendi ajak masyarakat aktif cek makanan layak konsumsi

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019