Serdang Bedagai (Sergai) menjadi salah satu daerah yang meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Pemerintah se-Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 dengan kategori Kabupaten Informatif.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Medan, Jumat.

Bupati Soekirman dalam kesempatan itu mengemukakan pihaknya mengapresiasi jajaran Komisi Informasi (KI), karena sejak awal pihaknya menerapkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan interaksi suka dan dukanya, termasuk sering dipanggil KI terkait persoalan keterbukaan informasi tersebut.

"Hal ini tentu menjadi pembelajaran kami, yang pahit itu lebih baik untuk mengobati, ketimbang manis namun membuat sakit, dan pada akhirnya hari ini meraih penghargaan prestisius," katanya.

Soekirman berkeyakinan, hingga saat ini terdapat 2/3 penduduk di dunia telah terkoneksi dan sudah hampir hyper-connected.

Jika sudah demikian saat ini bagaimana memanfaatkan informasi untuk dapat memberdayakan orang-orang yang telah terkoneksi tersebut.

"Saat ini lebih dari 30 aplikasi yang ada di portal Kabupaten Sergai, sementara di desa, ada Sistem Informasi Desa (SID) yang dikelola oleh desa itu sendiri lebih dari seratus desa telah terkoneksi dengan aplikasi," katanya.

Di Serdang Bedagai saat ini, seluruh OPD telah melakukan uji konsekuensi yang dapat menyaring informasi yang harus disampaikan maupun informasi yang dikecualikan.

Untuk Kategori penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kategori Informatif yang kami raih ini menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan informasi publik yang lebih baik lagi.

Bukan tanpa hambatan, lanjut Bupati, yang harus dilakukan adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran warga agar dapat menumbuhkan succes story dan motivasi dari masyarakat agar dapat bersama bersatu membangun bangsa antara lain melalui saluran keterbukaan informasi publik ini.

"Saya yakin informasi yang relevan dan membangun yang kita buka ini akan menjadikan Sumut Bermartabat, Membangun Desa Menata Kota dapat segera terwujud," katanya.

Ia juga menyinggung ditetapkannya Sumut sebagai salah satu destinasi wisata Geopark Toba Caldera, intinya bagaimana orang datang, puas dan datang.

Semua dinas adalah dinas pariwisata, semua tempat adalah destinasi wisata, dan semua kegiatan adalah atraksi wisata.

"Untuk mendukung hal tersebut, Serdang Bedagai menyatakan siap untuk wisata desa dan wisata tani dengan melihat langsung pertanian desa serta pengalaman menginap di suasana pedesaan yang asri pada homestay yang telah disediakan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019