Operator atau admin pengelola website  seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) se-Labuhanbatu Utara mendapat pelatihan dari Dinas Komunikasi dan Informatika. Peserta dibagi dalam empat gelombang. Pelatihan berlangsung selama dua hari sejak 23-24 Oktober bertempat di ruang Command Centre Diskominfo.

Kabid Informasi dan Teknologi (IT) Diskominfo Labura Endra Budi SKom kepada Antara menyebutkan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) para admin atau operator web.

“Kita berharap melalui pelatihan ini, seluruh admin akan dapat mempublish kegiatan yang ada di lembaga masing-masing. Dengan demikian, publik akan mengetahui apa yang sudah dan sedang dilaksanakan satu OPD,” katanya.

Lebih lanjut disebutkannya, pelatihan dibagi dalam empat gelombang. Setiap hari ada dua gelombang. Pada pagi hari kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB, sedangkan yang siang berlangsung dari pukul 13.00 WIB-17.00 WIB.

Gelombang pertama diikuti Bagian Humas Sekdakab, Sekretariat DPRD, Inspektorat, BKD, Bakesbangpol, BPBD, Balitbang, BPKAD, BPPD dan Bappeda. Gelombang kedua pesertanya terdiri dari Disporapar, Disdukcapil, Dishanpang, Disnakerin, Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, Damkar, DPMD, Dinas PPPA dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

Pada gelombang tiga, peserta terdiri dari Dinas Pendidikan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Disdagkop dan UKM, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pertanian, Dinas Perkim, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan RSUD Aekkanopan.

Terakhir adalah sesi yang diikuti Sat Pol PP dan delapan kecamatan yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut, yaitu Kualuhhulu, Kualuhselatan, Kualuhhilir, Kualuhleidong, Aeknatas, Aekkuo, Na IX-X dan Marbau.

Sebagai narasumber adalah Adam Kurniawan Skom dari Diskominfo Labura yang menjelaskan tentang tatacara kerja atau pengelolaan web oleh seorang admin. Sedangkan untuk metode penulisan disampaikan salah seorang wartawan yang sehari-hari bertugas di kabupaten itu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019