Sebanyak 346 atlet berprestasi Deliserdang, Sumatera Utara, baik tingkat daerah maupun nasional menerima penghargaan dan uang pembinaan dari pemerintah setempat.

Penghargaan dan uang pembinaan tersebut diserahkan langsung Bupati Deliserdang Ashari Tambunan pada Peringatan Hari Olahraga Nasional XXXVI tahun 2019 tingkat Kabupaten Deliserdang di Alun-Alun Pemkab Deliserdang, Lubuk Pakam, Jumat.

Dalam kesempatan itu Ashari Tambunan menyampaikan pembangunan bidang olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. karena dengan sehat rohani, berarti telah mendukung kebijakan presiden tentang revolusi mental serta SDM unggul Indonesia maju.

Pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang.

Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Untuk optimalisasi permasalahan dan pembudayaan olahraga, sesuai Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), maka olahraga menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup.

"Permasalahan terbesar saat ini adalah derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Dengan gerakan ayo olahraga, diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut," katanya.

Ia mengatakan tema besar Haornas tahun 2019 ini adalah "Ayo olahraga, di mana saja, kapan saja" yang mengandung makna bahwa olah raga itu mudah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Menjadi penting, agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

"Melalui peringatan Haornas Ke-36 ini, kita kuatkan lagi olahraga prestasi, untuk menuju pentas yang lebih besar," katanya.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019