Ratusan siswa siswi SMA di Pematangsiantar diajarkan cara menyikapi bencana pada penyuluhan Pengembangan Budaya Sadar Bencana, di Hotel Sapadia, Kamis (17/10). 

Narasumber, Tringani Barus SE dari BPBD Sumatera Utara, Drs Kepler Silabani MHum Direktur Centre for Disaster Risk Management and Community Development Studies Universitas HKBP Nommensen, serta Octo Albert Tambunan dari Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba. 

Kegiatan bertujuan menumbuhkembangkan pemahaman, nilai dan sikap kemanusiaan, kepedulian terhadap risiko bencana, sosial, fisik dan motivasi.

Wali Kota diwakili Wakil Wali Kota Togar Sitorus berharap kegiatan pengembangan budaya sadar bencana itu dapat meningkatkan pengetahuan dan kepekaan tentang penanggulangan bencana, terutama melakukan tindakan pencegahan dan kesiapsiagaan di lingkungan masyarakat sekolah. 

Pemerintah daerah optimis, ke depannya kegiatan akan membentuk kerangka atau pilar kerja global sekolah aman bencana.

Untuk itu, jajaran BPBD diinstruksikan melakukan sosialisasi dan pelatihan tanggap bencana serta rutin, agar ke depannya para peserta bisa dijadikan sukarelawan dalam penanggulangan bencana di Pematangsiantar.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019