Pemerintah Kota Binjai melaksanakan kegiatan peningkatan mutu bagi kader posyandu bertempat di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kacamatan Binjai Kota, Selasa.

Asisten III Meidy Yusri mengatakan bahwa posyandu memiliki kedudukan yang strategis, oleh karenanya kader posyandu harus memperhatikan semaksimal mungkin peran dan tanggung jawabnya. 

"Posyandu yang ada di Binjai telah memberikan banyak prestasi yang membanggakan maka dikesempatan ini saya meminta kepada seluruh camat dan lurah agar terus memantau seluruh kegiatan posyandu, dan segera selesaikan pendataan dasawisma," ujarnya.

Dimana salah satu prioritas kegiatan posyandu saat ini adalah menyebarluaskan informasi terkait pentingnya pemenuhan nutrisi seimbang pada seribu hari pertama kehidupan, yang merupakan periode emas pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Kegagalan pemenuhan asupan gizi sejak bayi dalam kandungan hingga usia dua tahun dapat mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan anak, salah satunya adalah stunting yaitu ganggungan perkembangan otak dan pertumbuhan dimana tinggi badan jauh lebih pendek dibanding tinggi orang seusianya," katanya.

Sementara Ketua PKK Hj Lisa Andriani menyampaika mirisnya saat ini tiga dari 10 balita di Indonesia mengalami stunting, tentunya ini memerlukan perhatian serius dari kita semua.

Rekapitulasi data posyandu diperlukan sebagai acuan bagi Pemkot Binjai untuk memahami permasalahan sehingga dapat mengembangkan kegiatan yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan sasaran. 

"Keberadaan kades posyandu yang merupakan kader khusus PKK sangat membantu Pemko Binjai dalam membentuk perilaku hidup sehat di masyarakat. Untuk lebih meningkatkan keberhasilan program posyandu, kami harapkan kader posyandu dapat bersinergi di dalam kelompok dasawisma," harapnya.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019