TNI dan instansi terkait berhasil memulangkan sembilan Warga Negara Indonesia (WNI) asal Dusun Panga, Desa Semanget, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ke Tanah Air, yang sebelumnya diamankan oleh pihak Malaysia.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe di Pontianak, Selasa, mengatakan, kesembilan WNI itu sebelumnya ditahan oleh pihak Tentara Diraja Malaysia (TDM) di Tebedu, Malaysia.

"Pemulangan kesembilan WNI tersebut merupakan hasil koordinasi Pangdam XII/Tpr dengan Panglima 1 Divisyen TDM, sehingga, Senin (14/10) pukul 16.42 WIB sore kemarin kesembilan warga tersebut sudah tiba dan kembali di PLBN Entikong," katanya.
Suasana haru pertemuan sembilan WNI bersama keluarganya setelah berhasil dipulangkan TNI dan pihak terkait lainya ke Indonesia dari Malaysia. (Istimewa)

Ia menambahkan, koordinasi tidak menemukan hambatan dikarenakan memang sudah terjalin kerja sama antara TNI dengan TDM terkait penyelesaian di wilayah perbatasan kedua belah pihak. Pemulangan sembilan warga Dusun Panga dari Malaysia itu didampingi oleh pihak Konjen RI, Ka ILO TNI dan pihak Imigrasi Malaysia.

"Kesembilan warga kita itu diserahterimakan secara resmi di PLBN Entikong oleh pihak Imigrasi Malaysia kepada pihak Imigrasi Indonesia," ujarnya.

Penyerahan itu dihadiri oleh Dankolakopsrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Wakil Bupati Sanggau, Kasiintel Kolakopsrem 121/Abw, Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Kapolres Sanggau, Kepala Imigrasi Entikong, serta Muspika Kecamatan Entikong.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan dari Karantina Entikong, Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns dan Puskesmas Entikong, sembilan warga kita dalam keadaan sehat, tidak ada tanda-tanda bekas penganiayaan, hanya satu orang mengalami sakit asam urat yang sudah diderita sejak sebelum kejadian penangkapan," jelasnya.

Ia menambahkan atas pemulangan sembilan warga tersebut, masyarakat Dusun Panga memberikan apresiasi serta mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh TNI khususnya Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dan semua pihak yang turut serta dalam membantu pemulangan WNI tersebut.

Pewarta: Andilala

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019