Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara mendorong koperasi memiliki sumber daya manusia yang andal sehingga mampu mengelola usaha ekonomi tersebut dengan baik, makin maju, dan pada akhirnya menyejahterakan anggotanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deliserdang Ahmad Tarmizi di Lubuk Pakam, Sabtu, mengatakan peringatan Hari Koperasi tahun ini merupakan salah satu momentum yang strategis karena bertepatan dengan era digitalisasi yang mewarnai kehidupan industri dan merembet pada perilaku keseharian masyarakat.

"Untuk itu koperasi harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang andal dan didasari tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian," katanya.

Pada peringatan Hari Koperasi ke-72 di daerah itu, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menyebutkan koperasi merupakan sokoguru perekonomian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meskipun saat ini dihadapkan pada era revolusi industri 4.0 yang memberi pengaruh terhadap tata nilai kehidupan keseharian masyarakat.

Menghadapi kondisi demikian, kata dia, pelaku koperasi tidak perlu khawatir dan harus mengambil langkah strategis dengan reorientasi, mengubah paradigma pendekatan kuantitas menjadi kualitas.

Selain itu, kata dia, harus melakukan pembaharuan terhadap organisasi koperasi, pengembangan usaha, meningkatkan kapasitas koperasi dengan cara memperluas program kemitraan yang melibatkan pelaku ekonomi, BUMN,swasta, perbankan, serta pemangku kepentingan lainnya untuk memfasilitasi akses pengembangan dan pemasarannya.

"Berkat dukungan dan kerja keras yang telah diberikan selama ini, Deliserdang berhasil meraih berbagai prestasi dan penghargaan, di antaranya piagam penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi dan UKM RI serta berbagai penghargaan lainnya," katanya.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019