Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap mendukung rencana IAIN Padangsidimpuan bertransformasi menjadi Universitas Islam negeri.

Hal itu ia sampaikan saat menerima Audiensi Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL beserta rombongan diruang kerjanya, Sabtu.

"Pemkab Padang Lawas Utara sangat  mendukung dan Insha Allah  kita siap bersinergi, dan bekerjasama agar proses Peralihan Status IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN," katanya.

Lanjut Andar, kehadiran Universitas Islam Negeri di Tapanuli Bagian Selatan merupakan kesyukuran dan kebanggaan masyarakat dan berharap nantinya akan dibuka Fakultas tersendiri di Padanglawas Utara.

“Segala persyaratan dalam peningkatan status IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas, pemerintah daerah Kabupaten Padang Lawas Utara siap  untuk membantunya ini bentuk kesyukuran kita dan kebanggaan kita akan berdirinya Universitas Islam Negeri di Tapanuli Bagian Selatan," kata mantan Wali Kota Padangsidimpuan tersebut.

Setelah peralihan status IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas kita berharap membuka fakultas di Kabupaten Padang Lawas Utara, seperti Fakultas Peternakan dan Pertanian dan kita siap untuk memfasilitasinya. 

Sementara itu, Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. H. Dr. Ibrahim Siregar, MCL, menyampaikan perkembangan IAIN Padangsidimpuan saat ini dan rencana pengembangannya untuk menjadi Universitas.

IAIN Padangsidimpuan setelah beralih status dari STAIN Padangsidimpuan yang sekarang mengasuh empat Fakultas yaitu Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Pascasarjana Program Magister dengan jumlah mahasiswa delapan ribuan orang.

Selanjutnya Rektor juga menyampaikan permohonan dukungan kepada Bupati Padang Lawas Utara tentang rencana pengembangan IAIN Padangsidimpuan.

"Kami memohon dukungan kepada Pemkab Padang Lawas Utara untuk pengembangan yang lebih besar IAIN Padangsisimpuan menjadi Universitas. Kalau dulu  Sekolah Tinggi hanya bisa membuka jurusan satu rumpun ilmu, institut hanya bisa membuka jurusan dan fakultas sejumlah rumpun ilmu. Kalau sudah universitas bisa membuka jurusan dan fakultas dengan berbagai rumpun ilmu dengan kafasitas SDM  yang tersedia dan prasarananya yang memadai," katanya.

 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019