Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara memotivasi atlet gulat daerah itu agar terus meningkatkan kemampuan agar bisa mengukir prestasi tingkat nasional sekaligus membawa harum nama daerah.

Sekretaris Dispora Sumut Rudi Rinaldi di Medan, Jumat, mengatakan pihaknya terus memotivasi atlet daerah itu, termasuk atlet gulat untuk terus meningkatkan kemampuannya demi meraih prestasi maksimal.

Salah satu motivasi yang dilakukan adalah dengan menggelar kejuaraan secara rutin, seperti halnya kejuaraan gulat senior yang digelar hingga 12 Oktober mendatang di GOR Futsal Dispora Sumut.

"Ajang itu untuk menarik minat dan mencari para pegulat muda dan yang lebih utama untuk memotivasi para pegulat untuk terus meningkatkan kemampuannya," katanya.

Ia juga menyampaikan kejuaraan tersebut juga bertujuan untuk memotivasi para atlet agar tetap semangat berlatih dan semakin menumbuhkan minat calon atlet untuk menekuni olahraga gulat.

"Gulat ini peminatnya sudah tidak banyak. Karena itu, salah salah satu inovasi yang kita buat dengan menggelar even. Ini supaya timbul minat masyarakat di cabang gulat," katanya.

Rudi mengatakan ajang itu sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi setiap pengcab Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan dan peningkatan kualitas para atletnya selama ini.

Lewat ajang ini, diharapkan akan terjaring bibit-bibit baru potensial untuk dikirimkan mengikuti even-even berikutnya.

"Oleh karena itu diminta juga pada Pengprov PGSI untuk terus membuat inovasi-inovasi baru supaya orang mau main olahraga gulat. Karena kita punya nama besar di gulat," katanya.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Kabid Pembinaan Prestasi Olahraga Dispora Sumut Josua Sinurat menyebutkan ajang itu diikuti 143 pegulat dari 17 pengcab/pengkot PGSI di Sumut.

Ke-143 pegulat tersebut, terdiri dari 101 putra dan 42 putri.

Josua mengharapkan para atlet dapat mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk berebut juara di ajang ini. Katanya, ajang ini juga menjadi perhatian bagi talent scouting untuk melihat potensi para pegulat.

"Ada tiga orang dalam tim talent scouting untuk melihat, memantau dan mempersiapkan atlet berbakat yang akan dipelatdakan jangka panjang oleh KONI," katanya.

Baca juga: Dinilai penting, Dispora Sumut tingkatkan standarisasi paramedis

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019