Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara terus berupaya meningkatkan standarisasi tenaga keolahragaan paramedis karena memang kehadirannya dinilai sangat penting dalam upaya pemulihan cedera pada atlet.

Kabid Pembinaan Prestasi Olahraga Dispora Sumut di Medan, Jumat, mengatakan baru-baru ini pihaknya menggelar pelatihan bagi tenaga paramedis demi peningkatan standarisasi tenaga keolahragaan paramedis.

Pelatihan tersebut diharapkan menjadi titik awal dari lahirnya tenaga ahli yang membidangi permasalahan cedera yang sering melanda atlet-atlet di tanah air termasuk Sumatera Utara.

"Tenaga para medis yang menangani cedera menjadi penunjang utama dari pemulihan yang dialami seorang atlet. Itu mengapa kami menggelar pelatihan demi meningkatkan standarisasi mereka," katanya.

Ia juga menyampaikan Dispora sangat menaruh harapan besar dari para peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat benar-benar memberikan kontribusi terbaiknya bagi kemajuan olahraga di Sumatera Utara.

Terlebih dalam menghadapi sejumlah event-event besar seperti PON XX Papua, peran paramedis yang telah memiliki sertifikat nasional diharapkan dapat membantu mengatasi cedera yang dialami atlet-atlet binaan yang dipersiapkan daerah ini.

"Artinya dengan ilmu-ilmu yang didapat melalui proses pelatihan bersertifikat nasional, ke depan atlet-atlet yang dibina dapat mendapatkan sentuhan dari tangan-tangan para medis yang profesional," katanya.

Ia menambahkan pembekalan teori dan praktek langsung yang ditangani tenaga ahli yang didatangkan menjadi tolak ukur bagi induk-unduk olahraga di daerah untuk dapat memberdayakan tenaga para medis di tiap event olahraga yang akan diikuti setiap atlet.

"Cabang olahraga maupun Koni harus melibatkan paramedis yang bersertifikat guna memberikan kenyamanan bagi atlet-atlet di tiap kejuaraan maupun event yang diikutinya. Intinya kita ingin memiliki para medis yang mumpuni dan memiliki daya saing profesional karena memiliki standar kelayakan yang bersertifikat," katanya.

Baca juga: Dispora Sumut gelar seleksi atlet menuju Peparnas

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019