Arus bongkar dan muat barang dalam negeri di Pelabuhan Belawan selama Januari - Agustus 2019 melonjak tajam yang mengindikasikan mulai pulihnya kinerja industri.

"Lonjakan terbesar terjadi pada arus bongkar barang atau naik 209,07 persen menjadi 5,880 juta ton," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Jumat.

Adapun arus muat barang naik 149,98 persen atau menjadi 339.789 ton.

Diprediksi arus bongkar dan muat barang itu akan terus meningkat karena mendekati Natal dan Tahun Baru 2020 atau akhir tahun.

Baca juga: Kunjungan wisman ke Sumut naik 10,27 persen

Mendekati hari besar keagamaan dan akhir tahun, ujar Syech, memang biasanya terjadi lonjakan arus bongkar dan muat barang.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba menyebutkan, lonjakan bongkar muat barang biasanya memang naik di semester II khususnya hingga Oktober atau November.

"Biasanya pengusaha mempersiapkan stok keperluan usaha industri lebih cepat karena akan terjadi libur panjang di akhir tahun," katanya.

Mengutip pernyataan pengusaha anggota Apindo Sumut, Parlindungan menyebutkkan, kinerja industri tren membaik dengan mulai bergeraknya permintaan domestik maupun luar negeri.

Meski belum terlalu naik signifikan, kinerja industri yang membaik itu menggembirakan pengusaha yang mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019