Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Asahan memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan mencerdaskan pengetahuan masyarakat tentang pemilu. 

Selain itu,  kehadiran RPP untuk peningkatan partisipasi pemilih dengan menyediakan berbagai informasi tentang pemilu yang dapat dikunjungi setiap hari kerja mulai pukul. 08.00—15.00 WIB di kantor KPUD setempat. 

"RPP menyediakan semua informasi tentang pemilu. Kami siap memberikan pemahaman tentang Pemiliu, " ungkap Ketua KPUD Asahan, Hidayat SP,  Sabtu (28/9)  di gedung KPUD Asahan. 

Hidayat yang didampingi Komisioner, Samiun Sembara Marpaung menjelaskan pihaknya telah mengagendakan 24 pertemuan dengan pihak sekolah dan pihak lainya. Dimulai dari bulan Septemebr hingga November 2019.

" Pelaksanaan RPP dilakukan 2 sistem. Yakni kami dikunjungi dan kami yang mengujungi, "ungkap Hidayat. 

SMAN I Kisaran merupakan sekolah yang perdana mengujungi RPP. Dalam kunjungan mereka, pihak KPU Asahan memberikan informasi sejarah pemilu di Indonesia, proses pemilu dan juga pemutaran film dokumenter pemilu. 

" Harapan kita kehadiran RPP bisa meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pemilu dan memberikan hak suaranya, " ujar Hidayat. 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019