Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengatakan kegiatan donor darah sebagai wujud kepedulian prajurit TNI di wilayah Medan, dan sekitarnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

"Kegiatan mulia ini benar-benar bisa membantu warga memerlukan darah, dan untuk menyelamatkan nyawa mereka," kata Fadhilah, dalam sambutannya dibacakan Aspers Kasdam I/BB Kolonel Inf Djonne Ricky Lumintang pada aksi sosial donor darah, dalam rangka HUT ke-74 TNI di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien, dan bahkan dapat menyelamatkan jiwanya.

"Saya berharap kegiatan donor darah tidak berhenti sampai di sini, namun perlu lebih dibudayakan, serta dilaksanakan secara rutin sesuai dengan ketentuan medis, baik yang dilakukan secara bersama maupun perorangan," ujar jenderal bintang dua itu.

Usai membuka acara itu, Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto dan Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto melakukan peninjauan para prajurit TNI yang melakukan donor darah. Selain memberi semangat dan motivasi,Kasdam I/BB ikut mendonorkan darah.

Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto mengatakan prajurit TNI ikut membantu memenuhi stok darah di PMI.

"Mudah-mudahan dengan ikut sertanya prajurit TNI menjadi pendonor, maka pemenuhan stok darah melalui PMI akan tercukupi," ujar Untung.

Sebanyak 253 prajurit TNI dari tiga matra di wilayah Medan melaksanakan donor darah yang dipusatkan di Rumkit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB.

Turut hadir pada acara itu, Kasdam I/Bb Brigjen TNI Untung Budiharto, Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Kadilmilti Medan Brigjen TNI Tama UIinta Tarigan, dan undangan lainnya.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019