Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai Sumatera Utara membagikan 1.000 masker bagi para pengguna sepeda motor maupun para pengemudi angkutan umum akibat dari kabut asap yang sudah melanda kawasan itu.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Binjai Ahmad Yani, di Binjai, Senin.

Ahmad Yani menyampaikan kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang terjadi dibeberapa tempat di Indonesia berdampak menimbulkan  kabut asap di Kota Binjai, namun demikian kabut asap belum mengganggu aktivitas masyarakat. 

Masyarakat masih melakukan aktivitas seperti biasa, hanya ada beberapa pengguna jalan yang sudah menggunakan masker akibat kabut asap yang semakin terlihat jelas di pagi hari.

Ahmad Yani menyampaikan pembagian masker kepada pengendara sepeda motor untuk mengurangi resiko kabut asap.

"Hari ini kami membagikan seribu masker kepada para pengguna sepeda motor, di dua lokasi yakni di depan Kantor Walikota, dan sekitaran Tugu Binjai," katanya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat mengurangi aktiftas di luar rumah dan mengunakan masker guna menghindari resiko Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). 

"Kepada masyarakat saya berpesan agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan kalau ke luar rumah gunakan  masker," harapnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019